Selasa, 24 Maret 2020

PUBLIC SPEAKING? BUKAN MASALAH LAGI UNTUK ANDA YANG MENGIKUTI CARA INI!

PUBLIK SPEAKING

Hasil gambar untuk public speaking

Pernahkah Anda melihat orang melakukan presentasi? Bagaimanakah cara berbicara di depan umum? Apakah ada tips khusus yang perlu dipelajari agar dapat fasih berbicara di depan umum? Bagi Anda para karyawan, berikut ini tips menarik untuk Anda agar jago berbicara dan presentasi di depan umum sehingga membuat Anda memiliki nilai lebih di mata atasan Anda. Selamat membaca!


1. KENALI PENDENGARNYA!

Rasa stres berbicara di depan umum, baik dalam presentasi maupun saat pertemuan sosial, biasanya terjadi karena Anda tidak mengenal audiens dengan baik. Sebelum berbicara di depan umum, luangkan waktu untuk mengenal audiens Anda. Coba cari tahu mengenai berapa banyak audiens yang akan hadir, usia, gender, tingkat pendidikan (baik pengalaman maupun sosio-ekonomi), agama, keramahan, dan apakah audiens mengenal Anda. Jenis audiens memang memengaruhi cara Anda berbicara. 

2. HINDARI BERPIKIR NEGATIF

Pikiran negatif, yang berkaitan dengan kemampuan berbicara di depan umum, dapat mengganggu kemampuan Anda untuk menyampaikan pidato serta pengetahuan luar biasa yang ada di dalam diri Anda. Bayangkan diri Anda berbicara dengan rasa penuh percaya diri dan audiens Anda merespons secara positif. Kalau Anda merasa gugup atau takut, kemungkinan besar Anda juga merasa gugup atas berbagai kesalahan yang akan Anda perbuat. Daripada membiarkan pikiran-pikiran negatif membusuk dalam kepala Anda, ingatkan diri Anda untuk berpikir secara positif. Pikiran positif akan mencerahkan perasaan Anda, membuat Anda merasa lebih santai dan percaya diri. Daripada membiarkan pikiran-pikiran negatif membusuk dalam kepala Anda, ingatkan diri Anda untuk berpikir secara positif. Pikiran positif akan mencerahkan perasaan Anda, membuat Anda merasa lebih santai dan percaya diri.

3. BELAJAR UNTUK NYAMAN DENGAN KEHENINGAN

Anda mungkin merasa canggung dengan keheningan, terutama kalau Anda sedang berdiri di depan banyak orang yang memerhatikan segala tindak-tanduk Anda dan menunggu Anda mengatakan sesuatu.Anggap berbicara sebagai suatu pilihan. Berbicara bukanlah suatu hal yang perlu Anda lakukan karena Anda sedang berdiri di depan banyak orang. Berbicara adalah suatu hal yang Anda lakukan saat sudah siap. Kalau Anda nyaman dengan keheningan, Anda akan lebih mudah memberi jeda dan interval saat berbicara di depan umum. Tentu Anda tidak ingin menyampaikan sebuah pidato dengan terburu-buru. Gunakan keheningan sebagai suatu kesempatan untuk menyadari pernapasan Anda dan menenangkan diri. Anda juga dapat menggunakan keheningan untuk membuat suatu pernyataan lebih "mengena" bagi para audiens.

4. CARI TAHU POLA BICARA ANDA

Dengan memahami cara Anda berbicara saat berbincang secara kasual dengan orang lain, Anda dapat meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.Perhatikan semua kata "pengisi" yang Anda gunakan saat berbincang dengan orang lain. Kata-kata pengisi itu adalah suara-suara dan kata-kata yang Anda buat saat Anda sedang memproses pikiran Anda dan tidak tahu apa yang hendak Anda katakan selanjutnya. Kata-kata seperti "ah", "em", "kayak", dan seterusnya. Anda juga dapat mengurangi penggunaan kata pengisi kalau Anda merasa nyaman dengan keheningan.Tentukan perilaku apa saja yang sudah biasa bagi Anda, baik verbal maupun nonverbal. Setelah Anda menentukan apa saja perilaku-perilaku itu, Anda dapat mulai membenahinya. Mungkin, ketika gugup, Anda akan membenarkan posisi kacamata, atau membersihkan kuku, atau menggunakan lebih banyak kata pengisi.Untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan itu, belajarlah untuk menyadari apa saja yang Anda lakukan dalam berbagai situasi.

Dengan demikian kamu akan matang dalam bicara di depan umum. Ingat selalu berbicara tentang hal yang penting dan bermanfaat yaaaaa!!!!!

5 komentar:

PUBLIC SPEAKING? BUKAN MASALAH LAGI UNTUK ANDA YANG MENGIKUTI CARA INI!

PUBLIK SPEAKING sumber : merryriana.com  Pernahkah Anda melihat orang melakukan presentasi? Bagaimanakah cara berbicara di depan um...